My blog

Jumat, 02 Oktober 2009

kehidupan awal manusia

Teori kehidupan di bumi

       Bumi sebagai tempat berpijak manusia, telah lama ada. Perkembangan bumi ini dapat di ketahui melalui penelitian geologi, yaitu penelitian tentang lapisan kulit bumi atau menurut geologi, dilakukan pembagian zaman sebagai berikut:

 Pembagian zaman 
berdasarkan geologi


Zaman Arkaekum        Zaman Paleozoikum    Zaman Mesozoikum        ZamznNeozoikum
2500 juta tahun              340 juta tahun             140 juta tahun                 60 juta tahun

Zaman Arkaekum    yaitu zaman tertua dan diperkirakan sekitar 2500 juta tahun. Pada zaman ini keadaan bumi belum stabil, kondisi bumi dan udara masih panas, Kulit bumi dalam proses pembentukan. Dengan keadaan seperti itu maka pada zaman ini belum ada tanda-tanda kehidupan.

Zaman Paleozoikum    berusia sekitar 340 juta tahun. Pada zaman ini keadaan bumi masih belum stabil dan masih terus berubah-ubah. namun demikian tanda-tanda kehidupan sudah mulai tampak pada zamn ini, yaitu makhluk hidup bersel satu atau mikroorganisme. Di samping itu, pada zaman ini sudah muncul makhluk hidup lainya sejenis ikan, ampibi, reptil dan lain-lain. Zaman ini juga disebut dengan zaman primer atau zaman pertama.

Zaman mesozoikum     berusia sekitar 140 juta tahun. Pada zaman ini, kehidupan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Makhluk hidup yang muncul pada zaman ini adalah binatang-binatang dalam bentuk yang sangat besar, seperti jenis-jenis binatang dinosaurus, antlantosaurus, serta jenis-jenis burung dalam bentuk yang sangat besar. Zaman mesozoikum juga disebut dengan zaman reptil, karena makhluk hidup yang muncul dan berkembang pada masa ini adalah sejenis reptil, Di samping itu, zaman ini juga disebut dengan zaman sekunder atau zaman kedua.

Zaman Neozoikum atau Kainozoikum     berusia sekitar 60 juta tahun yang lalu. pada zaman ini keadaan bumi semakin membaik, perubahan cuaca tidak begitu besar dan kehidupan berkembang dengan pesat.

Tidak ada komentar: